Magister Manajemen Teknologi – Sebuah Review Singkat

Setelah mengalami penundaan yang cukup lama akibat kekhawatiran (atau mungkin malah harapan?)  akan dimutasikannya kembali saya ke Jakarta oleh institusi tempat saya bekerja, akhirnya pada awal tahun 2012 yang lalu saya resmi melanjutkan kuliah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (S2) di Magister Manajemen Teknologi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (MMT-ITS) bidang keahlian Manajemen Industri.

magister manajemen teknologi

Logo MMT-ITS

Awal tahun 2013 ini saya sudah menyelesaikan 2 semester di MMT-ITS dan akan segera memasuki semester ke-3 sehingga saya merasa sudah cukup pantas untuk membuat sedikit review tentang almamater saya ini.

Saya akan mulai review saya dengan sebuah pertanyaan singkat,

Apa Itu Magister Manajemen Teknologi?

Magister Manajemen Teknologi, menurut saya, merupakan penggabungan Magister Manajemen dan Magister Teknik dimana dalam proses pengajaran yang dilakukan oleh MMT tidak hanya diberikan ilmu mengenai bagaimana mengelola suatu kegiatan bisnis atau perusahaan sebagaimana yang diajarkan di magister manajemen biasa namun juga   diberikan  ilmu mengenai bagaimana memanfaatkan teknologi dan pengetahuan teknik dalam pengelolaan perusahaan sehingga diharapkan manajer yang dihasilkan terbiasa mengambil keputusan berdasarkan data dan fakta yang diolah dengan metode yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah.

Kuliah di MMT seperti mempelajari seni manajemen dengan pendekatan teknik yang kuantitatif sehingga membuat manajemen menjadi lebihmudah dimengerti dan diterapkan oleh orang-orang dengan latar belakang teknik seperti saya.

Program studi MMT sebenarnya memiliki 6 (enam) bidang keahlian yaitu manajemen industri, manajemen proyek, manajemen teknologi informasi, manajemen bisnis maritim, manajemen teknologi lingkungan pemukiman dan industri, dan manajemen teknologi transportasi namun untuk angkatan saya hanya 3 bidang keahlian yang disebut pertama saja yang dibuka oleh MMT karena bidang keahlian lainnya tidak mendapat peminat yang cukup.

Bidang keahlian MMT-ITS

Bidang Keahlian di MMT

Sasaran kompetensi lulusan bidang keahlian Manajemen Industri MMT-ITS sebagaimana yang tercantum dalam buku kurikulum adalah:

  • Mampu mengidentifikasi dan menganalisis persoalan industri,
  • Memahami dan memilih serta mengintegrasikan berbagai metode untuk menyelesaikan persoalan industri secara efisien dan efektif,
  • Mampu melakukan pengambilan keputusan pada berbagai tingkat hierarkis secara sistematis,
  • Mampu mengembangkan jiwa technopreneurship untuk tujuan penciptaan bisnis baru maupun mempertahankan secara berkelanjutan.

Kurikulum Magister Manajemen Teknologi ITS

Struktur kurikulum yang diterapkan di Magister Manajemen Teknologi ITS dapat dilihat pada gambar berikut:

Struktur kurikulum Magister Manajemen Teknologi ITS

Struktur Kurikulum MMT-ITS

Dari gambar di atas terlihat bahwa kurikulum di MMT terdiri atas 5 (lima) kelompok mata kuliah utama yaitu:

  • Dasar kuantitatif dan etika yang terdiri dari mata kuliah statistik bisnis, dan etika bisnis;
  • Dasar manajemen fungsional yang terdiri dari mata kuliah manajemen keuangan, manajemen SDM, dan manajemen pemasaran;
  • Mata Kuliah Wajib MMT yang terdiri dari mata kuliah sistem dan teknologi informasi, manajemen strategi, analisis dan sistem keputusan, manajemen teknologi dan inovasi, dan manajemen proyek;
  • Mata Kuliah Wajib Konsentrasi yang untuk bidang keahlian manajemen industri terdiri atas mata kuliah manajemen operasional, manajemen logistik dan rantai pasok, manajemen kualitas dan reliabilitas, dan capita selekta sistem industri;
  • Hidden Curicullum (Non SKS) yang bertujuan mengembangkan soft skill mahasiswa terdiri atas Studi Ekskursi, Latihan CSR, dan Outbond.

Dari sisi struktur kurikulum ini saya rasa pengaturan mata kuliah yang dilakukan sudah tepat sehingga pada saat menjalani perkuliahan proses penambahan kompetensi saya rasakan mengalir dengan smoth tahap demi tahapnya.

Fasilitas Magister Manajemen Teknologi ITS

Kampus MMT-ITS tidak terletak di komplek kampus ITS di Sukolilo melainkan berada di jalan Cokroaminoto nomor 12 A Surabaya sehingga lebih dekat dan lebih mudah dijangkau dari pusat kota Surabaya.

Fasilitas yang tersedia di kampus Cokroaminoto yang terdiri dari 3 lantai antara lain adalah ruang kelas untuk kegiatan belajar mengajar yang cukup banyak (jumlah pastinya saya kurang tahu karena tidak pernah menghitung jumlah kelas), 1 (satu) buah ruang baca atau perpustakaan, 3 (tiga) buah laboratorium komputer, laboratorium bahasa, ruang ikatan alumni, ruang diskusi, ruang rekreasi mahasiswa, musholla, dan ruang makan.

Di masing-masing kelas sudah dilengkapi dengan komputer dan LCD projector untuk proses belajar mengajar yang secara umum dalam kondisi baik (pada semester satu kemarin saya hanya menemukan ada satu kelas yang kabel koneksi ke LCD Projector-nya bermasalah, mudah-mudahan saat ini sudah diperbaiki) sehingga sangat mendukung proses belajar yang berlangsung.

Tenaga pengajar yang ditugaskan di MMT-ITS juga sangat kompeten di bidangnya dan mampu menyampaikan ilmu dan pengetahuan kepada mahasiswa sesuai dengan yang diharapkan. Dampak “negatif”-nya adalah mahasiswa sulit mendapatkan nilai bagus karena standard nilai tenaga pengajar yang tinggi.

Fasilitas lain yang diperoleh mahasiswa adalah internet gratis di kampus mengingat di seluruh area kampus sudah tersedia jaringan Wifi dengan kecepatan akses internet yang lumayan cepat.

Yang terakhir adalah fasilitas makan malam (atau makan siang) yang disediakan oleh MMT-ITS secara umum juga tidak mengecewakan palagi sejak semester 2 untuk mahasiswa kelas eksekutif makan malam (dan makan siang) disediakan secara prasmanan (tidak menggunakan kotak) sama dengan kelas professional.

Biaya Kuliah

Jika dibandingkan dengan program studi dari universitas lain, menurut saya, biaya program studi MMT-ITS lebih terjangkau. Untuk angkatan saya biaya kuliah satu paket mulai dari semester 1 sampai semester 4 adalah sebesar Rp. 60.000.000,- saja.

Secara keseluruhan, berdasarkan pengalaman saya kuliah di MMT-ITS, saya berani merekomendasikan MMT-ITS bagi anda yang ingin melanjutkan kuliah ke jenjang S2 dan mencari magister manajemen yang lain dari biasanya.

Share
This entry was posted in Review and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

4 Responses to Magister Manajemen Teknologi – Sebuah Review Singkat

  1. ita says:

    Dear Mas Budi,
    terimakasih informasi tentang MMT ITS nya…

    berdasarkan pengalaman Mas Budi, untuk tes seleksi di MMT ITS sendiri bagaimana prosesnya?
    lalu, untuk pembayarannya 60 juta itu apakah untuk semua program? 60 juta dibayar di muka atau bisa dicicil? hehe…

    • Budi Priswanto says:

      Terima kasih sudah mampir bu… Tes masuknya ada 3 jenis, tes tertulis GMAT, tes TOEFL, dan wawancara… waktu saya semua tes itu diadakan dalam satu hari yang sama… untuk pembayarannya bisa dicicil 4 kali bayar bu…

  2. Harry says:

    Trima kasih infonya Mas.

    Saya bekerja di industri farmasi dengan background pendidikan Apoteker (Sains). Saya berencana mengambil S2 Manajemen (MM). Pertanyaan saya:
    1. Menurut Anda, apakah kelebihan MMT dibandingkan MM?
    2. Apakah dengan background pendidikan bukan Teknik, dapat mengikuti perkuliahan MMT dengan mudah?
    Terima kasih

    • Budi Priswanto says:

      Terima kasih sudah mampir mas…

      1. Bedanya MMT dengan MM ada di huruf T-nya, dan itu menurut saya yang jadi kelebihan MMT, jadi yang dipelajari di MMT bukan hanya bagaimana mengelola aspek-aspek dalam bisnis (operasi, keuangan, sistem informasi, SDM, dll) dengan menggunakan prinsip-prinsip ilmu manajemen tapi juga mempelajari penerapan prinsip dan pengetahuan teknis untuk pengelolaan bisnis.

      2. Kalau menurut saya sih tetap bisa ngikuti mas, gak sampai ada integral lipat tiga kok… :D

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>